Welcome to Blog Ghea INFO Thank you for your visit Indonesian Language Blog It Is To Use It In Your Language, Use Google Translate

Selasa, 19 April 2011

Sakit setelah bersetubuh


Gejala ini disebut kram endometrosis. Ini perlu diwaspadai karena kerap menyerang daerah panggul, terutama usai melakukan hubungan intim. Kram jenis ini hampir sama seperti kram saat menstruasi, hanya yang membedakannya adalah kram atau rasa sakit endometrosis juga dirasakan di perut bagian bawah, pinggul, bahkan sampai paha. Munculnya bisa kapan saja, terutama usai berhubungan seks.

Saat menstruasi, perempuan sering mengalami kejang otot perut yang sangat menyakitkan. Hal tersebut terjadi karena fluktuasi hormon membuat tubuh kita bereaksi. Menurut dr Susan Brill, direktur Saint Peter's University Hospital, penyebab kejang otot perut adalah hormon prostaglandin. Hormon inilah yang memicu kontraksi pada rahim kita. Hormon prostaglandin ini juga yang membuat usus kita berkontraksi sehingga menyebabkan diare, mual, dan perut menjadi kram. Namun, hal ini tak perlu dikhawatirkan, karnea tingkat kejangnya otot perut masih dalam batas normal. Agar tidak terserang kram, cobalah olahraga ringan sebelum menstruasi. Dengan begitu, otot-otot perut terasa lentur, sehingga bisa meminimalisir kontraksi rahim pada saat hormon prostaglandin memuncak.


Materi referensi:kompas.com


Artikel Terkait:

Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar